Saturday, September 10, 2016

SOUNDRENALINE 2016 : Two Days Full of Excitement!

SOUNDRENALINE 2016 
Two Days Full of Excitement!


Kalau kamu anak muda Indonesia, dekat dengan musik dan dunia kreatif, Soundrenaline bisa jadi adalah ritual tahunan. Ya, festival musik terbesar dan paling lama yang pernah diadakan di Indonesia ini selalu ditunggu-tunggu. 

Dua tahun terakhir ini Soundrenaline bertempat di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Hal ini membuat animo pecinta musik untuk datang menghadiri Soundrenaline semakin tinggi. Sudah terbayang dalam benak banyak orang; menonton band-band favorit sambil liburan adalah sesuatu yang susah untuk ditolak.





Kenapa Soundrenaline 2016 begitu istimewa? 

Tahun ini tak hanya satu musisi internasional yang dihadirkan, namun sekaligus tiga! Dan ketiganya masing-masing memiliki segmen masing-masing. Kehadiran Simple Plan, Bloc Party dan The Temper Trap sudah terendus para pecinta musik beberapa bulan lalu dan membuat makin tidak ingin melewatkan festival musik yang satu ini.
Buat saya pribadi tahun ini adalah dreams come true. Saya yang dari jaman sekolah dulu sudah akrab dengan lagu-lagu Simple Plan makin penasaran untuk menonton aksi panggungnya secara langsung. Selain itu nama besar The Temper Trap juga menjadi magnet tersendiri buat saya. Beberapa kali melihat aksi panggung mereka melalui situs youtube makin membuat rasa penasaran untuk mengapresiasinya secara langsung!




The Stages and The Bands
Tahun ini panitia menyiapkan lima panggung untuk memuaskan pecinta musik lintas genre, lintas generasi dan gaya. Ada tiga panggung besar; A Stage, Louder Than Ever Stage, Go Ahead Stage; ditambah lagi dengan Amphitheater Stage yang lebih intimate, serta Show Yourself Stage yang mengakomodir bakat-bakat baru. 

 
Favorit saya adalah A Stage, selain letaknya yang di tengah area GWK, panggung ini memiliki area lapangan rumput empuk dan paving conblock rata. Menonton konser berjam-jam pun tetap nyaman. Apalagi di sela-sela jeda pergantian band kita bisa duduk-duduk di atas rumput. Kalau kita ingin berpindah panggung untuk menonton aksi konser di panggung lain pun tak terlalu jauh. 



Selain soal kenyamanan, di panggung ini juga ada banyak band dan musisi yang menjadi to-do-watch list saya selama Soundrenaline 2016. Sebut saja Simple Plan di hari pertama dan The Temper Trap di hari kedua. Selain itu band nasional seperti Naif, Maliq & D'Essentials, Kelompok Penerbang Roket, dan Sheila On 7 serta lain-lain. 


Amphitheater Stage juga memberi pengalaman tersendiri. Bentuknya membuat kita nyaman melihat setiap aksi panggung. Tempatnya yang tidak terlalu besar menciptakan suasana intim antara penonton dan musisi. Di panggung ini ada banyak band yang saya tunggu-tunggu. Beberapa diantaranya adalah Stars and Rabbit, Base Jam, Goodnight Electric, dan Elephant Kind. Selain itu di panggung ini saya pertama kalinya melihat dan mendengar Poison Nova, band baru dari Cirebon yang membuat saya langsung jatuh cinta! Apalagi melihat kolaborasi mereka dengan Arian (Seringai) yang luar biasa! \


Mengenang Masa Lalu Bersama Mocca 

Terima kasih kepada pihak Sampoerna sebagi penyelenggara, tahun ini saya berkesempatan untuk bertemu dengan Mocca dalam acara Meet and Greet di sela-sela jadwal konser. Mocca seperti cinta lama yang jumpa kembali. Pertama kali dengar dan suka di tahun 2002, tiap kasetnya selalu saya koleksi. Dan terakhir menonton mereka secara langsung di tahun 2011. Lima tahun kemudian saya tak cuma menonton Mocca di Soundrenaline 2016, namun juga ngobrol dan berfoto bersama! 


 
The Visual 

Selain GWK yang memang sudah indah, saya perlu acungin jempol untuk pihak penyelenggara! Panggungnya ditata dengan luar biasa, kapasitas suara dan visual sangat mumpuni. Belum lagi permainan laser yang tak tanggung-tanggung. Di tahun ini visual panggung menjadi makin menarik dengan permainan multimedia yang dahsyat. Bahkan berkali-kali vokalis Simple Plan memuji tempat yang begitu indah. 


Namun tak hanya panggung, gaya penataan area konser pun boleh dibilang artistik. Beberapa titik disulap dengan dekorasi outdoor yang menarik. Favorit saya adalah tangga dengan cat warna-warni yang menghubungkan area A Stage di sisi atas dengan Go Ahead Stage di bawah. Terasa sekali bnuansa festival musik yang kreatif.
Para finalist Go Ahead Challenge pun memajang karyanya dengan display yang keren sehingga makin membuat suasana Soundrenaline 2016 benar-benar luar biasa!



Wish List for 2017
Harapannya tahun depan Soundrenaline 2017 masih akan diadakan di GWK Bali. tempat yang ideal ini memang luar biasa baik secara estetik maupun akustik. 
Selain itu saya berharap tahun depan lebih banyak musisi internasional yang didatangkan. Saya pribadi mendambakan The Cranberries dan red Hot Chilli Peppers untuk tampil di Soundrenaline 2017. 


Thanks Sampoerna, Thanks SOundrenaline 2016. Sampai ketemu lagi di 2017. 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...